close

Anggaran Dana Desa 2019 Kampung Agung Jaya Diduga Tidak Transparan

oleh -

JURNALIS INDONESIA.ID, TULANG BAWANG – Terkait pembangunan Onderlagh jalan sepanjang 410 meter yang bersumber dari dana desa (DD) yang dikerjakan oleh pelaksana PTPKD Desa Agung Jaya, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang, diduga tidak transparan dalam penggunaan DD 2019.

Pantauan jurnalisindonesia.id, papan informasi tidak tercantum besaran anggaran keuangan yang digunakan. Disamping itu juga terdapat 960 meter pembanguna jalan pada lokasi yang berbeda.

“Kami tidak tau besaran anggaran yang digunakan, kami hanya dapat perintah dari kepala Kampung Agung Jaya untuk memonitoring barang yang datang,” kata Kaur Pembangunan Desa Agung Jaya, Laswat, belum lama ini.

Laswat juga mengungkapkan bahwa, semua pembelian material pembangunan itu danyanya diambil langsung di kepala Kampung.

“Untuk setiap pembelian barang, seperti batu dan lain sebagainya itu uangnya diambil di kepala Kampung, begitupula dalam setiap kegiatan pelaksanaan pembangunan,” tambahnya.

Dari hasil investigasi di lapangan, Kepala Kampung Desa Agung Jaya diduga tidak adanya keterbukaan informasi secara publik, baik Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKAM)  tidak terperinci penggunaannya, diantaranya bidang penyelengara pemerintah kampung, bidang pembinaan masyarakat, bidang pembangunan kampung, pemberdayaan masyarakat ,serta angaran keuangan dalam pelaksanaan, kepada perangkat desa dan masyarakat Agung Jaya.

Terpisah, saat ditemui Kepala Kampung Desa Agung Jaya, Jamirun pada Minggu (8/9/2019), dari 19 pertanyaan mengenai dana desa tahun 2018 dan 2019 yang dilontarkan kepada Kepala Kampung, Jamirun hanya mengatakan bahwa semua kegiatan selalu di beritahukan kepada perangkat desa sesuai tupoksinya masing-masing. JUN/TIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *