close

Dampak Karhutla di Provinsi Riau, Kabut Asap Kembali Menyelimuti Wilayah Labuhanbatu

oleh -

JURNALIS INDONESIA.ID, LABUHANBATU – Meski sempat hilang karena turun hujan, dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau kembali menimbulkan kabut asap menyelimuti sebagian wilayah Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Rabu (11/9/2019) sejak pagi hingga siang.

“Hari ini kabut asap terlihat semakin tebal menyelimuti sebagian wilayah di Kabupaten Labuhanbatu,” ucap Kartijo (35), pengendera sepeda motor mengaku warga Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, saat melintas di ruas Jalan Lintas Sumater, sekitar Desa Perbaungan, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 11.45 WIB siang.

Katanya, mulai dari Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, sepanjang ruas jalan lintas Sumatera yang dilaluinya, didapati kabut asap menyesakkan napas.

Kartijo menjelaskan, sepanjang jalur jalan yang dilalui, kita harus hati-hato. Karena kabut asap tersa perih dimata, bila kita tidak pakai kaca mata atau penutup wajah dari helm yang kita pakai. Kabut asap ini, benar-benar menggangu pengendara.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Labuhanbatu Sopyan Hasibuan membenarkan, kabut asap sudah menyelimuti wilayah Labuhanbatu.

“BPPD Labuhanbatu sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Meteorologi Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Utara, untuk mengetahui titik koordinat lokasi Karhutla,”. YAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *