close

Jelang Pemilukada, KPU Labuhanbatu Gelar Tes Wawancara Calon Anggota PPK

oleh -

JURNALIS INDONESIA.ID, LABUHANBATU – Jelang pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) serentak pada September 2020 mendatang, selama dua hari Sabtu dan Minggu (7-8/2/2030), lima Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu menggelar tes wawancara terhadap 90 calon PPK di 9 kecamatan.

Ke 90 calon Badan Adhoc panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada pemilihan bupati dan wakil bupati Labuhanbatu 2020, yang diwawancarai tersebut berasal dari hasil tes tertulis yang sebelumnya sudah dilaksanakan.

Dari hasil tes wawancara ini, nantinya penyelenggara pemilu tingkat kabupaten Labuhanbatu akan menetapkan masing-masing 5 orang setiap kecamatannya.

Menurut Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi, S.Sos. MM, sebelum dilakukan pelantikan terhadap 5 anggota PPK, masyarakat diberikan kesempatan memasukkan tanggapan, sekaitan rekam jejak calon petugas pemilihan di tingkat kecamatan tersebut.

“Sebelum dilantik, PPK terpilih masih dapat diganti apabila ada tanggapan dan penilaian dari masyarakat,” ucapnya kepada wartawan, Sabtu (8/2/2020).

Dasar pergantian nantinya kata Wahyudi, terkait rekam jejak calon PPK yang bertentangan dengan peraturan, serta dapat dibuktikan dan terangbenderangnya identitas pelapor.

“Usai di wawancara selama dua hari ini, mereka akan menetapkan pengumuman pertama pada tanggal 15 Februari 2020,” jelasnya.

Jika nantinya 5 calon PPK yang ditetapkan berdasarkan hasil wawancara tidak mendapatkan masukan atau penilaian buruk, maka akan dilantik pada tanggal 29 Februari 2020.

“Tahapan itu semua bertujuan untuk menghasilkan PPK selaku penyelenggara di tingkat kecamatan yang berintegritas,” tambah Wahyudi.

Sementara menurut catatan jurnalisindonesia.id, 50 peserta sudah jalani wawancara pada hari pertama. Diantaranya berasal dari kecamatan Bilah Barat, Rantau Utara, Rantau Selatan, Bilah Hulu dan Pangkatan.

Lanjut dihari kedua ini, berasal dari kecamatan Bilah Hilir, Panai Hulu, Panai Tengah dan Panai Hilir. YAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *