close

Nyaris Turun Kelas dari B ke C, Direktur RSUD Rantauprapat Akui Ada Kesalahan Administrasi Internal

oleh -
Direktur RSUD Rantauprapat, dr H Syafril RM Harahap SpB

JURNALIS INDONESIA.ID, LABUHANBATU – Nyaris turun kelas dari B ke C, Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara, mengakui ada kesalahan administrasi di internal rumah sakit.

Pengakuan ini disampaikan Direktur RSUD Rantauprapat, dr H Syafril RM Harahap SpB, menjawab pertanyaan jurnalisindonesia.id di ruang kerjanya, Rabu (11/9/2019) siang.

Disebutkan Syafril, ketika muncul surat Menteri Kesehatan Republik Indknesia, terkait daftar rumah sakit, yang mengalami penurunan kelas, pihaknya langsung mengajukan “banding keberatan” ke Menkes di Jakarta.

“Ya, ketika itu kita mengajukan ke beratan terkait turun kelasnya RSUD Rantauprapat, ke Menteri Kesehatan,” ucap Syafril.

Namun dari banding tersebut lanjutnya, diketahuilah ada data yang belum di update. Sehingga pihak Kementerian Kesehatan, tetap menggunakan data sebelumnya. Sehingga keluarlah daftar rumah sakit yang mengalami penurunan, diantaranya termasuk RSUD Rantauprapat.

Setelah dilakulan pengecekan data, sda data baru yang belum diupdate. Ketika data baru yang belum masuk ke sistem terdeteksi, kita perbaiki datanya. Sehingga posisi RSUD Rantauprapat, tetap berada di kelas B.

“Dengan demikian, posisi RSUD Rantauprapat tidak jadi turun kelas,” ucap Syafril RMHarahap.

Dia menjelaskan, seandainya RSUD Rantauprapat jadi turun kelas dari B ke C, sebagai manajemen rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, sudah tentu kita sangat dirugikan.

Menurut Syafril, menaikkan kelas dari type C ke B beberapa waktu lalu bukan pekerjaan ringan. Karena butuh dana tidak sedikit, untuk melengkapi sarana dan prasarana rumah sakit. Termasuk ketersediaan sumber daya manusia, mulai dari tenaga adminustrasi, tenaga ahli diberbagai sarana prasarana, sampai tenaga medis. YAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *