Cegah Cacar Monyet Masuk ke Indonesia, Mentri Kesehatan: Monkeypox dapat Dihindari dengan Vaksinasi Smallpox


Ilustrasi virus cacar monyet atau monkeypox-CDC-pexels.com

JURNALIS INDONESIA - Baru-baru ini dunia sedang digemparkan dengan penyebaran virus Cacar Monyet atau Monkeypox yang berawal dari Afrika, berikut Vaksin yang dapat mencegah penularannya.

Hanya dalam beberapa bulan saja, monkeypox telah menyebar di negara-negara non endemik seperti wilayah Eropa yang telah ditemukan sebanyak kurang lebih 15.000 kasus.

Hal tersebut menjadi salah satu perhatian dunia untuk mencegah cacar monyet ini menyebar luas diberbagai negara seperti Covid-19.

(BACA JUGA:Begini Cara Menyembuhkan Cacar Monyet atau Monkeypox, Penyakit Darurat Kesehatan Global WHO)

Dilansir melalui laman kemenkes.go.id pada Rabu (27/7), cacar monyet atau monkeypox ini dapat dicegah dengan vaksin Smallpox. Karena vaksin cacar yang sebelumnya telah didistribusikan ke masyarakat sebelumnya ampuh.

Banyak masyarakat Indonesia yang telah mendapatkan vaksin smallpox sejak tahun 1970 lalu. Jadi, banyak lansia yang memiliki imunitas.

(BACA JUGA:10 Ide Sarapan Sehat untuk Diabetes yang Punya Nilai Gizi Lengkap, Bisa Jadi Referensi Saat di Rumah)

Mentri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa vaksin cacar ini memiliki kemampuan untuk melindungi dan membentuk antibodi penerima seumur hidup.

Perlu diketahui, bahwa vaksin untuk cacar monyet sendiri belum tersedia di Indonesia, sebab pendistribusian vaksin ini hanya ada di Amerika Serikat dan Rusia.

`
Kategori : Kesehatan
Sumber : kemenkes.go.id