22 Oktober Diperingati Hari Santri 2022 Usung Tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, Ini Sejarahnya


Logo Hari Santri 2022--laman kemenag.go.id

JURNALIS INDONESIA - Peringatan Hari Santri 2022 jatuh pada hari Sabtu 22 Oktober.

Peringatan besar ini menjadi momentum untuk mengenang jasa dan peran Ulama, santri dan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang telah ikut andil dalam Kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya Penetapan Hari Santri dilakukan di Masjid Istiqlal, Jakarta pada 15 Oktober 2015.

(BACA JUGA:Album Terbaru Taylor Swift Resmi Rilis! Daftar Lagu yang Cocok Untuk Playlist Baru di Spotify)

Tahun ini, Tema Hari Santri 2022 adalah "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan." Dilansir dari siitus resmi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), tema yang diangkat merupakan wujud cerminan santri yang turut berperan dalam sejarah bangsa Indonesia. 

Sejarah lahirnya hari Santri adalah berawal dari fatwa yang disampaikan KH Hasyim Asy'ari, yaitu "Resolusi Jihad". Hal itu digagas olehnya yang juga memimpin perumusan fatwa "Fatwa Jihad" di kalangan pesantren pada 22 Oktober 1945. 

(BACA JUGA:Ambruk Masjid Jakarta Islamic Center Dilalap Api! Begini Sudut Pandang Arsitektur Islam dalam Perancangannya)

Didalam fatwa tersebut tertuang kewajiban bejihad untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan melawan kelompok pasukan penjajah yang masih ada di tanah air.

Tentunya, perjuangan yang disebutkan melibatkan ulama dan santri yang berlandaskan jihad kebangsaan tersebut juga melahirkan peristiwa heroik pada 10 November 1945 di Surabaya yang dikenal dengan Hari Pahlawan.

Dengan demikian, fatwa 'Resolusi Jihad' itu dijadikan landasan peringatan Hari Santri setiap tanggal 22 Oktober.

JI

`
Kategori : Nasional
Sumber : kemenag