11 Aktivitas untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak, Salah Satunya Bisa dengan Main Games?


aktivitas untuk kecerdasan otak -free photos-pixabay

JURNALIS INDONESIA – Kemampuan belajar atau mengingat dari setiap orang berbeda-beda.

Ada seseorang yang memiliki kemampuan yang baik dalam hal mengingat atau belajar. 

Namun, Kecerdasan bukanlah sifat yang ditetapkan. Ini adalah kemampuan yang dapat diubah dan fleksibel. 

(BACA JUGA:Cek 5 Mitos dan Fakta Seputar Sembelit, Apakah Makanan Selalu Jadi Penyebabnya?)

Selain itu, tidak jarang pula semakin bertambahnya usia maka kemampuan Otak untuk mengingat semakin menurun.

Namun, Anda dapat menstimulasi otak sehingga dapat meningkatkan kemampuannya seiring waktu.

Kuncinya adalah menerapkan kebiasaan gaya hidup yang mendukung dan melindungi kecerdasan otak.

(BACA JUGA:Ibu Harus Tau! Ini 8 Cara untuk Atasi Kesehatan Mental Remaja)

Melansir dari Healthline, ini dia deretan kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak Anda. Silakan baca penjelasannya di bawah ini!

1. Berolahraga secara teratur

Tetap aktif secara fisik adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan fungsi otak.

Menurut studi tahun 2018, dikatakan bahwa olahraga ringan meningkatkan aktivitas di hippocampus, yang terlibat dalam memori. Ini juga meningkatkan hubungan antara hippocampus dan daerah otak lain yang mengatur memori.

(BACA JUGA:Ramuan Pencerdas Otak dengan Bahan Murah Meriah Serta Alamiah Anjuran Dokter Zaidul Akbar)

Sebuah studi 2014 juga menemukan bahwa olahraga meningkatkan volume hippocampus. Penulis penelitian berspekulasi bahwa aktivitas aerobik meningkatkan pertumbuhan neuron, yang meningkatkan struktur dan fungsi otak.

Untuk menikmati manfaat kognitif dari olahraga, penting untuk melakukannya secara teratur. Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu berolahraga keras untuk mendapatkan manfaatnya.

Berikut beberapa ide olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah:

-berjalan

-yoga

-lintas alam

-latihan berat badan

(BACA JUGA:8 Manfaat Daun Pegagan yang Jarang Diketahui, Tak Hanya untuk Perbaikan Fungsi Otak tapi Juga Kecantikan)

2. Tidur yang cukup

Tidur juga penting untuk mendukung fungsi kognitif yang optimal. Saat Anda tidur, otak Anda mengkonsolidasikan ingatan yang Anda buat sepanjang hari. Ini juga meningkatkan kemampuan otak Anda untuk mempelajari informasi baru saat Anda bangun.

Faktanya, tidur yang cukup sangat penting, pada studi tahun 2019 menemukan bahwa kurang tidur ringan pun memengaruhi memori kerja secara negatif.

3. Bermeditasi

Cara lain untuk menjadi lebih pintar adalah dengan berlatih meditasi.

Dalam studi tahun 2010, meditasi dikaitkan dengan fungsi eksekutif dan memori kerja yang lebih baik. Efek ini diamati hanya setelah empat hari meditasi.

(BACA JUGA:Waspadai Toxic Relationship! Bikin Hubungan Tak Bahagia dan Merusak Kesehatan Mental)

Sebuah studi 2019 menemukan hasil yang serupa. Setelah peserta menyelesaikan sesi meditasi terpandu selama 8 minggu selama 13 menit, perhatian, kemampuan pengenalan, dan memori kerja mereka meningkat. Kecemasan dan suasana hati peserta juga meningkat.

Para peneliti berspekulasi bahwa efek kognitif ini disebabkan oleh manfaat emosional dari meditasi.

Ada banyak cara untuk bermeditasi. Kamu bisa:

-Menggunakan aplikasi meditasi

-Mendengarkan video meditasi terpandu

-Mengikuti kelas meditasi

(BACA JUGA:Popularitas Jamu di Budaya Suriname, Eksis Sejak Masa Kolonial Belanda)

4. Minum Kopi

Adenosine adalah zat kimia otak yang menghentikan pelepasan zat stimulasi di otak Anda. Namun, kafein dalam kopi memblokir adenosin, yang memungkinkan zat ini memberi Anda dorongan energi. Ini dapat membantu meningkatkan pembelajaran dan kinerja mental.

`
Kategori : Kesehatan