7 Bumbu Dapur yang Bisa Turunkan Kolesterol, Sederhana dan Mudah Ditemukan


Ilustrasi bawang merah untuk atasi kolesterol -Freepik-Freepik
JURNALIS INDONESIA –
 Apakah Anda sudah tahu terdapat cara untuk menurunkan kolesterol dengan mudah?

Herbal, bahan alami juga sering kali menjadi bumbu dapur dan mudah untuk ditemukan.

Tak perlu pusing untuk mengolahnya, Anda bisa mencampurkannya dalam bahan masakan serta membuatnya lebih enak.

(BACA JUGA:Ternyata Ini Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan)

Terkadang untuk menurunkan Kolesterol Anda harus mengorbankan rasa makanan untuk menjaga diet sehat.

Jadi saatnya sekarang Anda mengetahui bumbu dapur apa saja yang dapat bantu turunkan kolesterol. Selain murah, mudah di temukan dan bisa menambah rasa sedap ke dalam masakan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut tujuh bahan dapur yang diklaim bisa bantu turunkan kadar kolesterol.

(BACA JUGA:7 Herbal Alami yang Bagus untuk Kesehatan Mental, Bantu Atasi Kecemasan hingga Depresi)

1. Bawang Merah

Baru-baru ini penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa penting yang ditemukan dalam bawang merah, quercetin, membantu menurunkan kolesterol pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Bawang mungkin memiliki peran dalam mencegah inflamasi dan penyumbatan pembuluh darah, yang mungkin bermanfaat bagi orang dengan kolesterol tinggi.

2. Bawang Putih

Tinjauan studi tahun 2016 tentang bawang putih menetapkan bahwa bawang putih berpotensi menurunkan kolesterol total hingga 30 miligram per desiliter (mg/dL).

Cobalah merebus seluruh siung bawang putih dalam minyak zaitun hingga lunak, dan gunakan sebagai olesan pada makanan yang menurut Anda hambar. Ini bisa menjadi alternatif mentega, dan jauh lebih sehat terutama untuk menurunkan kolesterol.

(BACA JUGA:Jangan Asal Beli! Ini Kekurangan Uwinfly T3, Motor Listrik Mirip Vespa Matik)

3. Jamur

Melansir dari Healthline, sebuah studi tahun 2016 di Jurnal Nutrisi menemukan bahwa asupan jamur shiitake secara teratur pada hewan pengerat tampaknya memiliki efek penurun kolesterol. Ini menegaskan penelitian sebelumnya dengan hasil yang serupa.

Meskipun jamur shiitake telah menjadi subjek dari banyak penelitian, banyak varietas lain yang tersedia di supermarket atau di pasar petani setempat juga dianggap bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

4. Jahe

Rempah yang termasuk bumbu dapur satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Karena, jahe mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi. Terapat beberapa bukti ilmiah, baik pada manusia maupun hewan, yang menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat), kolesterol total, dan trigliserida darah secara signifikan.

(BACA JUGA:11 Aktivitas untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak, Salah Satunya Bisa dengan Main Games?)

Salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2018. Penelitian ini dilakukan terhadap 60 pengidap hiperlipidemia. Pada penelitian tersebut, 30 orang yang menerima 5 gram bubuk jahe setiap harinya mengalami penurunan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) sebesar 17,4 persen selama periode 3 bulan.

5. Kunyit 

Selain mengandung kurkumin, kunyit juga memiliki banyak kandungan antioksidan yang tidak mudah hancur ketika dimasak. Studi yang dipublikasikan pada tahun 2015, menemukan bahwa suplementasi 2,4 gram kunyit selama empat minggu menghasilkan penurunan kolesterol LDL dan protein C reaktif.

6. Lada 

Capsaicin, senyawa yang ditemukan dalam cabai, termasuk lada mungkin berperan dalam mengurangi pengerasan pembuluh darah, obesitas, tekanan darah, dan risiko stroke.

(BACA JUGA:Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi! Berikut Khasiat dan Cara Pembuatan Obat Herbal Sari Mentimun )

Baik Anda membuat sup, salad, atau yang lainnya, paprika dapat menghidupkan makanan dengan sedikit bumbu. Jika Anda takut dengan makanan pedas, cobalah paprika dahulu. Dari sana, Anda dapat meningkatkan skala panas sesuka Anda.

7. Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang termasuk dalam genus Cinnamomum. Selain memiliki sifat antidiare, antimikroba, sekaligus bersifat antioksidan, kayu manis juga bermanfaat untuk mengurangi penyumbatan pada sistem dalam tubuh. Karena itu, mengonsumsi kayu manis sebagai bumbu memungkinkan tubuh untuk meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dan memperlancar aliran darah pada tubuh. 

Ditambah lagi, sifat antioksidan yang ada pada kayu manis juga diketahui dapat membantu tubuh mengurangi kadar gula darah, sekaligus mengatur sensitivitas insulin tubuh menjadi lebih baik.

JI

`
Kategori : Kesehatan