5 Olahraga yang Mudah Dilakukan untuk Membuat Otak Cerdas dan Mudah Mengingat


ilustrasi otak-ds stories-pexels

JURNALIS INDONESIA- Jangan pernah meremehkan kekuatan latihan untuk Otak! Berikut adalah 5 latihan Otak yang dapat meningkatkan fokus dan Memori, membuatnya tetap muda.

Tanpa disadari, kita berbicara, mengangkat, membungkuk, menari, bernapas, dan melakukan banyak kegiatan lain setiap hari. Apakah kamu tahu caranya? Setiap pekerjaan harian yang Anda lakukan juga memiliki peranan penting oleh otak.

Jadi bagaimana kebugaran otak bisa diabaikan? Perlu diingat bahwa Anda mungkin memiliki sejumlah masalah baik secara mental maupun fisik jika otak Anda lemah. 

(BACA JUGA:11 Aktivitas untuk Tingkatkan Kecerdasan Otak, Salah Satunya Bisa dengan Main Games?)

Penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat, termasuk diet sehat, aktivitas fisik teratur, dan stimulasi mental, untuk membantu mendukung fungsi Kognitif seiring bertambahnya usia.

Meskipun tidak mungkin untuk menghentikan proses penuaan, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mendukung fungsi kognitif dan menjaga otak yang sehat seiring bertambahnya usia. Sehingga bisa mempertahankan fungsi memori otak dan bermanfaat untuk fungsi kecerdasan.

Jadi, latihan otak seperti Olahraga, diperlukan untuk mengelolanya dan menghentikan penurunan kognitif.

(BACA JUGA:5 Game yang Bagus Bagi Penderita Demensia, Bisa untuk Melatih Otak Lansia)

Melansir dari Health Shots, ini dia 5 cara olahraga yang mudah dilakukan untuk membuat otak Cerdas dan mudah mengingat.

1. Tetap Bergerak

Gaya hidup yang menetap dan jarang menggerakkan tubuh dikaitkan dengan penurunan memori dan fungsi otak. Dengan melakukan aktivitas fisik, Anda dapat mengurangi kemungkinan dampak tersebut. 

Anda dapat senam sambil mendengarkan musik, berjalan atau berjongkok saat menonton TV, berjalan-jalan dengan hewan peliharaan Anda, menggunakan tangga alih-alih lift, dan berjalan-jalan pagi untuk tetap aktif. 

(BACA JUGA:8 Manfaat Daun Pegagan yang Jarang Diketahui, Tak Hanya untuk Perbaikan Fungsi Otak tapi Juga Kecantikan)

"Permainan pikiran seperti Sudoku tidak diragukan lagi dapat meningkatkan fokus, pemikiran, dan kemampuan memecahkan masalah." Ujar pakar kebugaran, Mukul Nagpaul.

2. Jongkok atau Squat

Untuk meningkatkan kesehatan otak Anda, Anda tidak perlu terengah-engah dan berolahraga keras di gym. Itu bisa dilakukan di rumah dengan squat. 

Sementara squat adalah salah satu latihan terbaik untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitas, itu juga dapat membantu meningkatkan kinerja kognitif. Ini merangsang produksi hormon bahagia dan menghasilkan perkembangan sel-sel otak baru. Akibatnya, Anda mungkin tidak mengalami masalah kesehatan mental.

(BACA JUGA:Diawali Hilangnya Kesadaran, Ini Aktivitas Otak Manusia Menjelang Kematian Menurut PAkar Unair di Bidang Saraf)

3. Latihan aerobik

Latihan aerobik termasuk berenang, melompat, berjalan, dan bersepeda. Bukan rahasia lagi bahwa latihan aerobik membantu memperlambat proses penuaan pikiran. 

Selain itu, latihan ini dapat meningkatkan suasana hati, memori, sistem kekebalan tubuh, fungsi kognitif, dan fokus Anda. Mereka dapat memperkuat koneksi saraf yang ada di otak dan memperbaiki kerusakan terkait stres.

4. Menari

Salah satu latihan otak terbaik untuk meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental adalah menari. Menari dapat membantu menurunkan risiko Demensia, menurut banyak penelitian, salah satunya diterbitkan dalam New England Journal of Medicine. Selain itu, merangsang daerah otak yang terkait dengan ritme dan keseimbangan.

(BACA JUGA:7 Makanan yang Bisa Merusak Otak, Segera Hindari!)

5. Latihan pernapasan

Latihan pernapasan memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan pikiran Anda. Anda dapat menggunakannya untuk bersantai, meningkatkan kinerja otot, menurunkan tekanan darah, mengontrol detak jantung, dan meningkatkan kadar oksigen darah. 

Berlatihlah bernapas dalam dan lambat untuk kepentingan otak Anda. Latihan rutin latihan ini dapat membantu Anda fokus lebih baik, memiliki memori kerja yang lebih baik, dan mengurangi gejala sering lupa.

JI

`
Kategori : Kesehatan