9 Kebiasaan dan Gaya Hidup yang Bantu Tingkatkan Kesehatan Otak serta Mental


9 kebiasaan sehat untuk otak dan mental [email protected] Chu

JURNALIS INDONESIA – Ini dia 9 kebiasaan yang dapat membantumu meningkatkan Kesehatan Otak.

Cara otak kita berfungsi setiap hari secara langsung memengaruhi Kesehatan Mental kita. 

Ini dapat memengaruhi perasaan kita, berapa banyak perubahan suasana hati yang kita alami, seberapa fokus kita, dan seberapa banyak kita dapat memanfaatkan hari kita tanpa merasa lelah. 

(BACA JUGA:Jadwal Tayang A Man Called Otto, Film Terbaru dari Tom Hanks yang Ada di Bioskop)

Jadi, akan bagus jika kita selalu dalam keadaan fokus dan selalu termotivasi.

Nah, keadaan fungsi otak yang optimal ini bisa dicapai hanya dengan menerapkan 9 kebiasaan dalam Gaya Hidup Anda!

Melansir dari Health Shots, ini dia beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan otak.

(BACA JUGA:10 Film Disney+ Hotstar Terpopuler 2023, Cocok Jadi Rekomendasi Tontonan untuk Kamu)

1. Dapatkan banyak sinar matahari

Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan oleh PubMed Central (PMC) telah menunjukkan bahwa paparan sinar matahari yang tidak memadai dapat menyebabkan penurunan besar dalam kadar dopamin. Hanya 2 menit sinar matahari pagi dapat membantu Anda merasa waspada dan fokus. Memulai hari Anda lebih awal juga akan membantu Anda tertidur lebih cepat di malam hari. 

Kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan paparan sinar matahari adalah dengan keluar dan berjalan-jalan di pagi hari serta menghindari mengecek ponsel setidaknya 30 menit setelah bangun tidur. Hal ini juga bisa membantu Anda mengambil asupan oksigen yang penting untuk kesehatan.

2. Katakan tidak pada gula rafinasi

Kombinasi gula dan garam yang membuat ketagihan inilah yang membuat nafsu makan Anda sering tak terpuaskan. Itulah alasan mengapa kita akhirnya makan berlebihan dengan makanan penutup yang diisi dengan gula atau keripik yang diisi dengan garam. Anda selalu dapat mengganti gula rafinasi dengan pengganti gula yang lebih sehat seperti daun stevia, jaggery, madu, dll. 

(BACA JUGA:5 Tips Cara dan Makanan untuk Mencegah Penuaan Otak dan Dukung Fungsi Kognitif )

Selain itu, jaga kadar gula darah Anda tetap stabil untuk menghindari mengidam terus-menerus. Kebiasaan sehari-hari untuk dimasukkan ke dalam gaya hidup Anda dapat meningkatkan asupan protein Anda di pagi hari yang secara signifikan akan mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi gula.

3. Optimalkan pola tidur Anda

Tidur adalah salah satu aspek terpenting untuk kesehatan yang baik. Kekurangannya atau pola tidur yang terganggu akan menguras energi dan tingkat motivasi kita. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, orang dewasa yang berusia hingga 60 tahun harus tidur setidaknya 7-9 jam di malam hari. Untuk tidur yang nyenyak, Anda perlu membiasakan diri menghindari kafein setelah jam 12 siang, bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari untuk membangun rutinitas dan membatasi waktu layar Anda sebelum tidur.

4. Gerakkan tubuh Anda setiap hari

Studi lain tahun 2006 yang diterbitkan oleh PMC, mengatakan bahwa melakukan latihan aerobik setiap hari selama 10 menit saja dapat memicu peningkatan suasana hati. Anda akan selalu merasa segar setelah beberapa aktivitas fisik dan akan memiliki kekuatan yang lebih baik untuk fokus pada tugas-tugas Anda.

(BACA JUGA:5 Olahraga yang Mudah Dilakukan untuk Membuat Otak Cerdas dan Mudah Mengingat)

5. Fokus pada momen kecil kebahagiaan

Merasa baik tidak mengharuskan sesuatu yang besar atau mengubah hidup harus terjadi. Seseorang dapat dengan mudah menemukan kebahagiaan dalam makanan enak, SMS dari orang yang dicintai, buku bagus, seteguk kopi, sesi olahraga yang menyenangkan, dan lain-lain. Berpegang teguh pada momen-momen ini karena ini akan membantu Anda menjaga suasana hati dan tetap termotivasi. Biasakan menyimpan daftar momen (aktivitas, acara, orang) yang membuat Anda merasa bersyukur dan coba tambahkan 3 lagi setiap malam.

6. Berlatih meditasi

Meditasi tidak selalu harus duduk bersila dalam posisi diam, meditasi bisa berupa apa saja yang membantu Anda menjernihkan pikiran dari semua kekacauan, fokus ke dalam dan membiarkan pikiran Anda datang dan berusaha berdamai dengan diri sendiri. Hal itu bisa dilakukan dengan berjalan, membaca, menari, apa pun yang membantu Anda menjernihkan pikiran dari semua pikiran yang tidak perlu. 

7. Konsumsi Omega 3

Ada banyak makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan asam lemak omega 3 adalah bahan penyusun otak, tetapi kebanyakan dari kita tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup. Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan oleh Harvard Health Publishing menunjukkan bahwa 1000 mg EPA (sejenis asam lemak omega 3) per hari dapat bertindak sebagai antidepresan. Untuk meningkatkan konsumsi omega 3 cobalah untuk menambah asupan kenari, salmon, biji rami, rumput laut dan suplemen dengan 2-3 gram minyak ikan per hari.

(BACA JUGA:Lebih Baik Mengukus Ubi Jalar atau Memanggang? Cek Penjelasan dan Manfaatnya Disini)

8. Tetap terhidrasi

Air membentuk 75 persen massa otak. Jadi, bahkan sedikit penurunan tingkat hidrasi akan dengan cepat memengaruhi kesehatan dan kognisi otak Anda. Neuron Anda tidak dapat bekerja secara efisien jika Anda tidak terhidrasi. Jadi, minumlah segelas penuh air sebelum makan dan simpan botol air 1 liter di samping tempat tidur Anda dan minumlah segera setelah Anda bangun.

9. Mulailah hari Anda dengan musik

Musik tertentu dapat meningkatkan suasana hati dan fokus Anda, menurunkan tekanan darah dan stres, dan bahkan meningkatkan kualitas tidur Anda. Musik dengan tempo lebih lambat (antara 60-80 ketukan per menit) sangat ideal untuk meningkatkan kesehatan otak. Anda bisa membuat daftar putar dari lagu-lagu tersebut dan dengarkan di waktu luang.

JI

`
Kategori : Kesehatan