6 Toksin Berbahaya yang Ternyata Banyak Ditemui di Sekitar Kita, Hati-hati!


ilustrasi grill meat-HaiBaron-pixabay.com

JURNALIS INDONESIA - Toksin berikut ini jika dikonsumsi dalam jumlah besar atau terakumulasi dalam tubuh, senyawa ini bisa jadi ancaman berbaya bagi Kesehatan Anda.

Oleh karena itu Anda perlu waspada terhadap beberapa Makanan yang bisa mengandung senyawa berbahaya ini.

Senyawa toksin atau berbahaya ini bahkan bisa jadi banyak dijumpai pada produk makanan yang sering kita temui.

(BACA JUGA:Link Nonton 12 Cerita Glen Anggara Full Movie, Film Prilly Latuconsina, Bukan Rebahin, IndoXXI, Bioskop Keren)

Cari tahu sekarang senyawa atau bahan dalam makanan apa saja yang perlu dihindari yang bisa mengancam kesehatan jika terakumulasi dalam jumlah banyak.

Berikut enam makanan, bahan, atau senyawa yang patut diwaspadai yang dilansir dari Healthline:

1. Bisphenol A dan senyawa serupa

Bisphenol A (BPA) adalah bahan kimia yang biasa ditemukan dalam wadah plastik dari banyak makanan dan minuman umum dan di lapisan dalam kaleng logam (misalnya, yang digunakan untuk tomat kalengan).

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa BPA dapat keluar dari wadah ini dan masuk ke dalam makanan atau minuman di dalamnya.

BPA diyakini meniru estrogen dengan mengikat ke situs reseptor dimaksudkan untuk hormon. Hal ini dapat mengganggu fungsi hormon yang khas.

Terlebih lagi, penelitian pada hewan hamil telah menunjukkan bahwa paparan BPA menyebabkan masalah dengan reproduksi dan meningkatkan risiko kanker payudara dan prostat di masa depan dari janin yang sedang berkembang.

Beberapa studi observasional juga menemukan bahwa kadar BPA yang tinggi berhubungan dengan resistensi insulin, diabetes tipe 2, dan obesitas.

Namun, sementara penelitian pada hewan telah menemukan hubungan antara BPA dan penambahan berat badan dan resistensi insulin, beberapa penelitian pada manusia telah mempelajari hubungan antara penanda paparan BPA dan diabetes.

Untungnya, sebagian besar plastik dan kaleng sekarang bebas BPA. Namun, BPA telah diganti dalam banyak produk dengan senyawa yang sangat mirip seperti bisphenol S, yang mungkin memiliki efek serupa.

Faktanya, satu ulasan mencatat bahwa BPS mungkin lebih beracun bagi sistem reproduksi daripada BPA.

(BACA JUGA:Para Betina Pengikut Iblis Tayang 16 Febuari 2023, Sinopsis, Daftar Pemeran, dan Sutradara)

Untuk mengurangi paparan Anda terhadap senyawa yang berpotensi berbahaya ini, hindari piring plastik sebanyak mungkin termasuk air kemasan.

Gunakan peralatan minum dari kaca dan stainless steel sebagai pengganti plastik, dan carilah makanan yang dikemas dalam gelas daripada kaleng aluminium.

`
Kategori : Kesehatan