5 Manfaat Bersyukur dan Cara Melatih Rasa Syukur yang Dapat Mengubah Hidupmu Menjadi Lebih Baik


Ilustrasi [email protected]

JURNALIS INDONESIA - Jangan remehkan manfaat Bersyukur dalam hidup. Terdapat perbedaan dalam hidup jika kita sering Bersyukur atas hal-hal kecil yang dihasilkan.

 Syukur adalah emosi yang diajarkan sejak awal kehidupan, tetapi terkadang emosi ini  perlahan-lahan hilang dan mulai kita lupakan tanpa disadari.

Tapi tidak ada kata terlambat untuk memulai kembali, bukan? Apalagi, manfaat bersyukur akan membuat hidupmu lebih Bahagia dan sehat.

(BACA JUGA:6 Toksin Berbahaya yang Ternyata Banyak Ditemui di Sekitar Kita, Hati-hati!)

The American Psychological Association menggambarkan rasa terima kasih sebagai Rasa Syukur dan kebahagiaan sebagai tanggapan atas apa yang didapatkan dan dirasakan. 

Bagi sebagian besar orang, emosi yang kuat ini adalah tentang merangkul kehidupan apa adanya dan bersyukur atas apa yang kamu miliki daripada berfokus pada apa yang tidak dimiliki.

Melansir dari Health Shots, menurut Dr Chandni Tugnait, life and business coach dan pendiri Gateway of Healing, mengungkapkan rasa syukur memiliki efek positif. 

(BACA JUGA:Awas! Ini 6 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Wajahmu Cepat Tampak Lebih Tua)

“Saat kita mengucapkan terima kasih atas hal-hal baik dalam hidup kita, baik kepada mereka yang bertanggung jawab langsung atau hanya kepada alam semesta pada umumnya, kita dapat memanfaatkan rasa energi positif yang keluar untuk memengaruhi orang-orang di sekitar kita,” ujar Dr Tugnait.

Studi global telah mengaitkan rasa syukur dengan peningkatan kebahagiaan, kesehatan yang lebih baik, dan hubungan yang lebih kuat. Dr Tugnait menambahkan, “Syukur juga dapat membantu kita mengembangkan mindset berkembang dan melihat peluang, bukan hambatan. Saat kita berfokus pada kebaikan dalam hidup kita, kita menciptakan kekuatan dahsyat yang membantu kita mengatasi tantangan.”

Ini dia 5 manfaat bersyukur atas hal-hal dalam hidup dapat mengubah cara kamu berpikir dan merasakan agar hidup menjadi lebih baik;

(BACA JUGA:Ternyata 5 Teh Ini Bisa Membuat Kamu Lebih Kurus, Yuk Cobain!)

1. Bersyukur membuatmu merasa lebih puas

Orang yang mempraktikkan rasa syukur biasanya lebih puas dalam hidup mereka, karena mereka meluangkan waktu untuk menghargai apa yang mereka miliki daripada memikirkan apa yang tidak mereka miliki.

2. Bersyukur dapat meningkatkan kesehatan fisik 

Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mempraktikkan rasa syukur melaporkan lebih sedikit merasakan gejala fisik penyakit daripada mereka yang tidak memasukkan rasa syukur ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Sebuah studi tahun 2013 yang dikutip oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional mengakui bahwa individu yang bersyukur mengalami kesehatan fisik yang lebih baik karena kesehatan psikologis yang lebih baik, kebiasaan melakukan aktivitas yang sehat, dan kemauan bawaan untuk mencari bantuan untuk mengatasi masalah kesehatan.

3. Kesehatan Mental yang sehat

Bersyukur juga memiliki efek jangka panjang pada kesehatan mental kita. Kamu yang mempraktikkan rasa syukur setiap hari lebih mungkin mengalami tingkat harga diri, ketahanan, dan optimisme yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki kebiasaan ini dalam hidup.

(BACA JUGA:3 Solusi Ampuh untuk Hilangkan Flek Hitam, Salah Satunya Produk Perawatan dengan Kandungan Niacinamide)

4. Meningkatkan empati

Salah satu manfaat rasa syukur adalah kamu mungkin menemukan dirimu dengan empati yang meningkat terhadap orang lain. Studi menunjukkan bahwa mengungkapkan rasa terima kasih menghasilkan hubungan yang lebih baik dengan anggota keluarga dan teman. 

Selain itu, mereka yang secara aktif mengungkapkan penghargaannya cenderung lebih tangguh saat menghadapi situasi sulit dan mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan orang lain.

5. Kebahagiaan secara keseluruhan

Orang yang mempraktikkan rasa syukur mengalami tingkat kebahagiaan, kegembiraan, optimisme, dan antusiasme yang lebih tinggi. Mereka juga melaporkan lebih sedikit perasaan depresi, kecemasan, dan stres. 

(BACA JUGA:5 Olahraga yang Mudah Dilakukan untuk Membuat Otak Cerdas dan Mudah Mengingat)

Bagaimana cara melatih rasa syukur?

Mengucapkan "terima kasih" sepanjang waktu bukanlah trik untuk mempraktikkan rasa syukur dalam hidup. Jadi, bagaimana hal ini bisa dicapai? Dr Tugnait menjelaskan bahwa itu adalah hal yang sederhana. 

“Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan upaya sadar setiap hari untuk menghargai orang, tempat, benda, atau situasi di sekitar Anda atau hal-hal baik dalam hidup Anda,” katanya.

Lakukan apa pun yang terbaik untuk Anda, kata Dr Tugnait. Itu karena tindakan syukur yang kecil sekalipun dapat membuat perbedaan besar dalam hidup Anda!

JI

 
`
Kategori : Gaya hidup