Rabu 21-04-2021,09:28 WIB

Ini Besaran Tarif Royalti Lagu yang Harus Dibayar Konser Musik, Mall, dan Hotel, Berikut Penjelasannya




JURNALIS INDONESIA – Salah satu ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik, yakni kewajiban pembayaran royalti bagi setiap orang yang menggunakan lagu dan/atau musik secara komersial ataupun layanan publik.

Nantinya, royalti tersebut akan dibayarkan kepada pencipta atau pemegang hak cipta lagu dan/atau musik lewat Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Dilansir dari laman resmi LMKN, Selain pihak rekreasi dan karaoke, ada beberapa pelaku usaha yang juga dikenai tarif royalti. Yakni penyelenggara konser musik, pemilik supermarket dan pemilik hotel.

(BACA JUGA:Tempat Rekreasi dan Karaoke Wajib Bayar Royalti Lagu, Berikut Detail Tarifnya)

Untuk penyelenggara konser yang memberlakukan tiket kepada pengunjungnya simulasi besaran pembayaran royalti musiknya adalah hasil kotor penjualan tiket x 2 persen + dengan tiket yang digratiskan x 1 persen.

Sedangkan untuk penyelenggara konser yang tanpa permberlakuan tiket kepada para penontonnya harus membayar royalti lagu dengan hitungungan total biaya produksi x 2 persen.

Sementara itu, bagi pemilik supermarket, pasar swalayan, mal, toko, distro, salon kecantikan, pusat kebugaran, arena olahraga dan ruang pamer besaran royalti yang harus dibayarkan sebagai berikut.

Reporter : Dipa
Editor : Dipa


Tags : #konser #konser musik #hotel #mall #toko #swalayan #royalti #tarif royalti #royalti lagu #lagu #musik #lmkn #peraturan pemerintah #hak cipta lagu
Kategori : Nasional