Dapat Digunakan Sebagai Penunjuk Kiblat! Begini Penjelasan Fenomena Radshul Qiblah yang Akan Terjadi Pada Jumat dan Sabtu Besok


Ka'bah-Konevi-Pixabay

JURNALIS INDONESIA - Fenomena Alam Rasdhul Qiblah, yaitu saat matahari melintas tepat berada di atas Ka'bah akan terjadi pada Jumat & Sabtu (27-28/5) besok.

Dilansir dari website bimasislam.kemenag akan terjadi sebuah peristiwa alam unik pada Jumat dan Sabtu (27-28/5) pukul 16.18 WIB besok, yakni Fenomena Rasdhul Qiblah.

Fenomena ini terjadi saat matahari melintas persis diatas bangunan Ka'bah, sehingga menyebabkan bayangan benda yang terkena sinar matahari langsung menunjuk lurus ke arah kiblat.

(BACA JUGA:Sempat Dikunjungi NCT DREAM, Ini Syarat Masuk dan Harga Tiket Wahana Misteri KKN di Desa Penari)

Dengan adanya peristiwa ini, umat Islam bisa menentukan arah kiblat yang tepat ketika hendak melaksanakan ibadah, terutama Shalat.

Namun Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib menjelaskan bahwa terdapat beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dalam hal ini, salah satunya adalah memastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot/bandul.

“Selain itu, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata, serta jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom. Bisa juga menggunakan jam digital di ponsel masing-masing,” jelas Adib.

(BACA JUGA:Hanya Bermodal Ponsel dan Wifi! Ini Cara Cek Penerima Bansos PHK Cair Mei 2022)

Enam langkah menentukan arah kiblat saat terjadi fenomena Rasdhul Qiblah...

`
Kategori : Oase