close

Respon Keluhan Pedagang Pasar Pagi Kaliwungu, Ketua DPC Partai Gerindra Kendal Serahkan Bantuan

oleh -

JURNALIS INDONESIA.ID, KENDAL – Setelah melakukan sidak dan berkomunikasi langsung dengan pedagang pasar pagi Kaliwungu sepekan yang lalu, dan berjanji akan bergerak cepat, dengan mengundang pihak-pihak terkait untuk duduk bersama mencari solusi atas keluhan pedahang pasar tersebut,

Hari ini Anggota Komisi B, DPRD Kendal dari Partai Gerindra M. Syarif Hidayatullah kembali mengunjungi dan interakasi dengan pedangang pasar tersebut. Kamis (21/11/2019)

Kali ini kedatangan anggota Dewan tersebut tidak bersama Anggota Komisi B yang lain dari DPRD Kendal, namun bersama Anggota DPRD Provinsi Jateng, Mifta Reza.

Syarif menyampaikan batalnya rencana untuk mengundag para pihak terkait ke Gedung Dewan karena aktifitas yang tinggi dari anggota dewan itu sendiri yang masih dalam masa reses,

“Sementara kawan-kawan masih banyak yang kegiatan diluar kantor, karena masa reses, Namun kami sudah berkomunikasi dengan Mereka,” jelasnya.

Pihak Dinas pasar juga sudah memberikan keterangan terkait permasalahan yang ada ,sehingga dirinya memilih kembali untuk mengunjugi pasar, untuk menyampaikan opsi-opsi yang sudah dirumuskan.

Sementara itu, Mifta Reza menjelaskan, bahwa kehadirannya disitu adalah sebagai tindak lanjut, dari keluhan masyarakat kaliwungu saat melaksanakan reses sebelumnya,

“Iya kemarin kan waktu kita reses, salah satu yang menjadi aspirasi masyarakat adalah keluhan yang ada dipasar pagi ini, dan kami  ingin permasalahan tersebut segera selsai dan tidak berlarut-larut,” jelas Anggota Komisi C, DPRD Provinsi Jawa Tengah yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kendal.

Dalam kesempatan tetsebut Mifta Reza juga menyerahakan sejumlah uang bantuan, untuk meringankan beban pedagang pasar pagi yang saat ini tertimpa musibah (kebakaran).

Namun saat dikonfirmasi, berapa nilainya dirinya keberatan menyebutkan,

“Nilainya tidak seberapa, tapi semoga bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah,” imbuhnya.

Selain itu dirinya berharap apa yang lakukan tersebut tidak dikait-kaitkan dengan politik, karena Pemilu (Pileg ) sudah lewat.

“Jadi ini gak ada kaitanya dengan politik ya, karena pemilu sudah lewat, ini murni kemanusiaan, sesama saudara kita harus saling tolong menolong,” pungkasnya.

Maksun  selaku Ketua Paguyupan Pedagang pasar pagi kaliwungu, yang menerima langsung bantuan tersebut menyampaikan akan segera merasa terbantu dengan bantuan yang ditermanya, serta akan segera digunaka untuk biaya pemsanagan jaringan listrik, dan kebutuhan lainya.

Dalam kesempatan sebelumnya , H. Mahsun menyampaikan bahwa dirinya sudah pernah berkomunikasi dengan PLN dan biaya pemasangan jaringan mencapai Dua Belas Juta Liama Ratus Ribu Rupiah, dengan tiga Panel.

Sedangkan Disperindag yang juga hadir dalam forum tersebut , dan diwakili Kepala Bidang Pasar Dian  Ari Nugroho, memberikan klarifikasi atas isu yang beredar bahwa pemasangan Jaringan listrik akan ditanggung Dinas Pasar.

“Jadi kabar yang beredar tersebut adalah  kesalah pahaman, disini saya luruskan, karena anggaran relokasi yang ada memang tidak termasuk jaringan listrik dan isntalasinya, dan memang hanya seperti inilah yang kita dapat berikan karena itu sesuai anggaran dan RAB yang sudah ditentukan sejak 2019, Karena memang secara regulasi  tidak diperbolehkan pasar sementara memasang jaringan PLN  sendiri, jadi nanti akan kita siasati dengan pemasangan jaringan dengan beberapa panel ditiang yang ada,” jelasnya.

Menanggapi keluhan lain, seperti drainase , talang dan sempitnya lahan, dirinya menyampaikan tetap akan mengupayakan semaksimal mungkin, untuk melakukan koordinasi baik ke padagang maupun ke jajaran dinas, dan akan berusaha mencari pos-pos anggaran yang bisa di gunakan untuk melengkapi apa yang kurang sesuai regulasinya.

“Untuk lahan memang kurang luas dan sempit, dengan jumlah pedagang yang mencapai 957 orang, namun mohon difahami bahwa lokasi tersebut adalah pedagang sendiri yang memilih, namun harus kita syukuri bahwa untruk fisik bangunanya adalah yang terbaik dikendal selama ini, untuk kategori pasar sementara,” tutupnya. ARN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *